Seni grafis digital Teknologi


Teknologi yang umum digunakan untuk menghasilkan cetakan digital meliputi inkjet , electrophotography ( toner kering dan toner cair) , thermal transfer ( perpindahan massa dan sublimasi transfer dye ) , dan pencitraan Laser ( cetak foto digital) pada kertas foto .

INKJET

Inkjet adalah teknologi populer berdasarkan pengusiran tetes kecil cairan oleh aktuator yang dikendalikan oleh sistem komputer digital . Setelah dikeluarkan dari lubang printhead ( nozzle ) , tetesan melewati udara untuk media cetak , biasanya kertas, di mana mereka membentuk bintik-bintik atau titik . Dengan mengontrol kedua aktuator dan posisi relatif medium , sebuah array dari tempat diproduksi pada media untuk membentuk pola. Dengan ukuran yang tepat tetesan tinta , warna tinta , dan tinta - menerima menengah , gambar dibuat . Hari ini , kualitas gambar dan permanen dapat diproduksi dalam sistem inkjet tersedia secara komersial dengan kinerja melebihi teknologi fotografi tradisional.

Piezo , Thermal , dan Kontinyu -Flow Inkjet Teknologi
Ketiga adalah teknologi inkjet yang paling umum digunakan . Untuk pegrafis digital mereka biasanya dikombinasikan dengan berbasis air ( acqueous ) tinta , baik berpigmen atau dye-based . Perbedaan antara mereka adalah teknologi aktuator :

Piezo atau aktuator piezoelektrik kristal berdasarkan on-demand teknologi inkjet , dalam jangka penuh] menggunakan kristal kecil yang membungkuk ketika arus diterapkan untuk itu untuk menghasilkan efek aktuasi . Ini " piezo efek " didasarkan pada gerakan yang sangat kecil dari kompresi kristal dan selanjutnya tinta dalam ruang tinta . Hasilnya adalah pengusiran dari tetesan yang sangat kecil tinta dari lubang kecil di kepala cetak inkjet . Bila dirancang dengan baik , sistem ini dapat menghasilkan sangat kecil , tetesan direproduksi tinta yang dapat menghasilkan hasil yang luar biasa ketika tetesan benar diposisikan pada media inkjet yang dirancang dengan baik . Karena pulsa penggerak dapat bervariasi , sehingga lebih atau kurang lentur , berbagai volume tetesan dapat diproduksi . Hal ini menyebabkan kemampuan untuk mencapai skala abu-abu digital dan untuk lebih meningkatkan kemampuan kualitas gambar dari teknologi .

Therma termal diaktifkan aktuator berbasis teknologi inkjet , dalam jangka penuh] menggunakan panas untuk membuat gelembung yang sangat kecil uap superheated untuk mendorong tetesan kecil tinta dari lubang printhead inkjet . Ini adalah yang paling banyak digunakan teknologi inkjet di dunia dan dapat memberikan kualitas cetak yang sangat baik bila diterapkan dengan benar . Ini adalah teknologi yang lebih kuat dari piezo karena energi yang digunakan untuk mengeluarkan tetesan membuat termal yang kurang rentan terhadap penyumbatan lubang . Juga , pembentukan gelembung dalam tinta ini tidak didukung oleh proses seperti di piezo , sebuah gelembung yang sangat kecil akan menyebabkan printer piezo gagal untuk mengeluarkan tetesan .

Pada hari-hari awal , pemanasan dan shock yang dialami dalam proses digerakkan terbatas perumusan lintang tinta thermal . Kemajuan baru dalam teknologi ini memungkinkan desainer tinta berbasis air kebebasan untuk mengembangkan tinta yang tidak membatasi kualitas gambar atau daya tahan output cetak . Seperti dengan teknologi piezo , penurunan volume akhir dapat bervariasi untuk memberikan grayscale rendering.

 Arus teknologi cetak inkjet atau terus-menerus , dalam jangka penuh] kontinyu digunakan untuk seni grafis digital secara eksklusif dengan IRIS / IXIA inkjet printer ( IXIA telah menggantikan IRIS ) . Ini menghasilkan aliran tetesan semua identik dalam ukuran, dan elektronik sistem memilih mana yang akan memukul media dan membuat tempat dan mana yang tidak . Aliran kontinu telah memberikan kualitas gambar yang sangat baik tetapi dengan biaya yang sangat tinggi di kedua investasi awal , kehandalan , dan kecepatan , serta gambar permanen . Tinta pigmen tidak dapat digunakan dengan teknologi ini . Hal ini tidak lagi menjadi teknologi pilihan .

electrophotography

Electrophotography didasarkan pada pengendapan baik bubuk kering atau toner cair ke permukaan photoreceptive yang muatan diproduksi , biasanya dengan cahaya dari laser atau tempat sumber cahaya lain yang serupa . Toner selanjutnya ditransfer baik ke selimut kemudian ke kertas atau langsung ke kertas dan kemudian menyatu untuk membentuk gambar yang diinginkan . Dry teknologi toner terbatas dalam ukuran partikel yang dapat digunakan . Karena partikel-partikel ini relatif besar , teknologi ini umumnya menderita dari kualitas gambar kurang baik untuk memenuhi printmaker digital . Liquid toner , bagaimanapun, bisa menggunakan partikel yang sangat halus yang memungkinkan untuk produksi kualitas output mendekati fotografi . Hari ini , kualitas gambar toner cair dan permanen dapat memenuhi kebutuhan beberapa aplikasi seni grafis digital . Keuntungan Cair electrophotography adalah kecepatan pencetakan yang lebih tinggi dibandingkan dengan cetak inkjet atau pencetakan transfer thermal namun dengan harga yang sangat curam .

transer THERMAL

Transfer thermal didasarkan pada menggunakan panas untuk mentransfer baik lapisan berwarna yang mengandung pengikat dan molekul pewarna atau pewarna ( dengan sublimasi atau difusi ) dari film pembawa tipis selembar penerima yang berisi lapisan permukaan reseptif . Panas dapat diberikan oleh berbagai biji ( sama dengan yang di mesin fax thermal ) yang diaktifkan oleh komputer ketika tempat warna yang diinginkan , atau dengan laser yang memanaskan film pembawa menyebabkan transfer terjadi . Warna cetak berkualitas baik dapat dihasilkan oleh teknologi ini , yang sering digunakan dalam kios foto untuk mencetak baik digital atau scan foto reproduksi cetak .

DIGITAL PHOTO PRINTING ( LASER IMAGING )

Digital Photo Printing ( pencitraan laser) didasarkan pada fotografi tradisional perak halida kertas cetak foto yang dicitrakan oleh laser atau titik sumber cahaya yang sama untuk memberikan citra fotografi penuh warna . Teknologi ini adalah mendapatkan popularitas di kedua mencetak foto format lebar dan foto digital finishing, baik dalam minilabs dan di laboratorium produksi. Laser pencitraan menghasilkan cetakan foto yang benar dan bisa sangat produktif dalam aplikasi volume yang lebih besar , namun memerlukan kertas foto sebagai reseptor , yang membatasi fleksibilitas medianya .

0 comments:

Post a Comment